Sabtu, 19 November 2016

DIBAWA KE MANA 85,7 TRILIUN DANA ANGGARAN PEMBANGUNAN PAPUA???


Menurut situs resmi setkab.go.id besaran alokasi dana anggaran pembangunan Provinsi Papua mencapai Rp 85,7 Triliun namun banyak yang menilai belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua.
Pertanyaannya, kemana saja dana sebanyak itu dibelanjakan oleh pejabat-pejabat pemerintah daerah Provinsi Papua yang nota benenya merupakan pelaksana pembangunan itu sendiri.
Presiden Jokowi pernah memerintahkan pada pelaksana program pembangunan itu yakni masyarakat Papua harus dilibatkan dalam setiap proses pembanguan dan jangan sampai masyarakat hanya menjadi penonton pembangunan daerahnya sendiri.
Dari pernyataan Presiden Jokowi tersebut telah jelas komitmen yang ditujukan oleh pemerintah pusat untuk membangun Papua dan kesejahteraan untuk masyarakat Papua. Namun kenyataannya banyak dana siluman yang habis tanpa diketahui kemana peruntukannya.
Sebagai masyarakat Papua yang melek teknologi, ini bukan merupakan barang baru yang perlu disembunyikan lagi, karena dalam beberapa kasus banyak pejabat-pejabat pemrintah daerah di Provinsi Papua yang terjerat kasus korupsi dan beberapa juga telah divonis bersalah oleh pengadilan.
Disinilah peran masyarakat seperti yang dikatakan oleh Presiden Jokowi pada rapat terbatas tentang Review Program Pembanguan Papua di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (9/11).
Namun masih banyak keluhan atau teriakan miring pada pemerintah pusat yang mengatakan ada ketidakadilan di sisi ini. Padahal jika dicermati secara mendalam justru orang-orang seperti itulah yang dimanfaatkan oleh oknum pejabat daerah yang ingin menutupi kejelekannya agar tidak diketahui oleh pemerintah pusat.
Organisasi pemberantasan korupsi juga seharusnya lebih berani bertindak dan melakukan pengecekan secara mendalam sampai pada pemeriksaan fisik objek, jangan mau jika hanya terima laporan di belakang meja saja. Ancaman-ancaman gangguan keamanan di Papua hampir pasti sering terjadi jika ada wacana pemeriksaan hingga ke lapangan namun sekali lagi percayalah pada aparat keamanan dan jangan takut pada gertakan murahan orang-orang yang sengaja menimbulkan situasi agar perbuatan mereka menjadi samar.
Dengan ini Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Papua untuk bersama-sama mensukseskan pembangunan di Provinsi Papua, ikut terlibat di dalamnya dan jangan hanya menjadi penonton di tanah sendiri Tanah Papua.

11 komentar:

Jelita mengatakan...

Kitong masyrakat harus pintar e,,, pilih pemimpin yang mau bikin papua maju, jangan cari pemimpin yang memakan uang rakyat, sebanyak itu uang kemana e,,, bikin mabuk2 diluar negeri kah? Main2 perempua kah? bikin judi diluar negerikah?? Menimbun uang diluuarkah?? Tanbah lagi dong yang hidupkan KNPB,kelompok2 yang teriak merdeka,,,
Woi... enembe ko sadar....!??? Ko kasih lapangan pekerjaan masyrakat mu itu,,, jangan malah ko yang bikin papau Rusuh,,, Ko pasti takut KPK, BPK tangkap ko kan???
Jangan jadikan dia pemimpin kalo otaknya masih picik...

markus Murib mengatakan...

su banyak dana pemerintah dari indonesia tapi banyak juga yang ingin merdeka indonesia peduli dengan papua pembangunan di papua itu dari indonesia bukan luar negeri

Simon Petrus mengatakan...

Banyak pejabat papua yang korupsi mungkin saja.

Ruth Yemima mengatakan...

Su banyak dana yang di keluarkan pemerintah..dong harap para pemimpin daerah khususnya di papua sadar itu hanya untuk pembangunan di papua.

Unknown mengatakan...

Itu dia kenapa Papua tidak bs maju ...

Herlina Teturan mengatakan...

Indonesia su peduli sama papua dari dulu tra usah suarakan merdeka lagi

Jemmy mengatakan...

Bapa presiden ko ganti sa pejabat di papua ini ...jd jgn banyak omong sa tp trada bukti

Nikson Niwinolbak mengatakan...

Papua su majau dari jaman penjajahan bukti su banyak pembangunan di mana mana

Unknown mengatakan...

Dana sudah banyak di keluarkan pemerintah tapi masih saja mau merdeka...trs yg menjajah siapa...KNPB NRFPB tolong di jawab jangan hanya diam saja..

Unknown mengatakan...

Dana sudah banyak di keluarkan pemerintah tapi masih saja mau merdeka...trs yg menjajah siapa...KNPB NRFPB tolong di jawab jangan hanya diam saja..

Unknown mengatakan...

Sa pikir ini solusinya: Dari pada pemerintah indonesia keluarkan banyak dana untuk Papua, setiap tahun tapi tidak ada bukti pembangunan (SDM & SDA); kan percuma. lebih baik lepaskan Papua MERDEKA saja supaya uang sebanyak itu bangun pulau jawa dan orang2 miskinnya yg masih hidup dibawah kolong jembatan, yang tidak punya rumah dan makann. Selesai masalah kan?
Supaya Pemerintah Indonesia tra pusing2 mengatur-atur Papua lagi. Karena bahaya Nanti bisa stress n gila.....