Kamis, 03 November 2016

NRFPB PECAH, MARKUS YENU BANTAH FORKORUS

Forkorus Yaboisembut lawan Markus Yenu

Telah terjadi konflik internal di dalam tubuh NRFPB antara Presiden NRFPB Forkorus Yaboisembut dan Gubernur Eksekutif wilayah Manokwari Markus Yenu. Forkorus menyatakan bahwa tidak mengakui adanya NRFPB bagian Manowari pimpinan Markus Yenu dan begitu pula sebaliknya, Markus Yenu menyatakan bahwa telah terjadi perbedaan tujuan antara NRFPB Pusat dengan Manokwari.

Konflik ini diawali pada bulan April 2014, yaitu tanggal tepat didirikan ULMWP sebagai lembaga diplomasi Internasional. Salah satu anggotanya adalah Edison Waromi. Pada tahun 2015 terjadi perpecahan di dalam NRFPB dimana Edison Waromi di pecat dari NRFPB karena waromi di ULMWP dianggap tidak memperjuangkan kemerdekaan Papua sebagai bentuk Negara. Presiden Forkorus Yaboisembut berpendapat ULMWP tidak akan berhasil karena bukan berbentuk suatu negara.

Pemecatan Edison Waromi dari NRFPB membuat berkurangnya kepercayaan dari WPNA kepada Forkorus Yaboisembut. Markus Yenu sebagai Gubernur WPNA lebih percaya dengan kemajuan perjuangan ULMWP dan Markus Yenu lebih loyal kepada tokoh WPNA Seperti Yakob Rumbiak selaku Menlu NRFPB, Edison Waromi dan Frans Kapisa.

Saat ini NRFPB Jayapura di bawah Forkorus Yaboisembut dan NRFPB Manokwari di bawah Markus Yenu berjalan masing masing. WPNA lebih yakin dengan keberhasilan ULMWP.  Penuturan Markus Yenu bahwa untuk mengubah ULMWP menjadi bentuk suatu Negara adalah perkara mudah.

9 komentar:

martin Wey mengatakan...

PECAH DAN BUBARKAN SAYA SETUJU

Asli papua mengatakan...

Berita oax website buatan kolonial.

Anonim mengatakan...

bubarkan saja sudah

Yulius mengatakan...

ko ribut mending tra bubar saja

yunas youm mengatakan...

daripada ribut bubar saja sudah

malesi mengatakan...

sudah berjalan masing-masing demi kepentingan pribadi

Anonim mengatakan...

Berita Kurang Jelas.

Anonim mengatakan...

Berita Kurang Jelas.

Anonim mengatakan...

bubar saja...daripada ko bikin kacau papua