Rabu, 16 November 2016

Terungkap, Vanuatu Ternyata Bukan Asli Melanesia

Orang-orang Vanuatu
Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan, dengan beribu kota Fort Vila. Negara ini dahulu bernama Hebrides Baru semasa penjajahan. Vanuatu terdiri dari 83 pulau, dua di antaranya Matthew dan Hunter diklaim oleh Kaledonia Baru. Vanuatu dibagi menjadi 6 provinsi: Malampa, Penama, Sanma,Shefa,Tafea,Torba. Secara geografis negara Vanuatu yang berbentuk republik ini terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon.

Vanuatu merupakan negara kepulauan yang terdiri dari pulau sekitar 82 relatif kecil, pulau-pulau geologis lebih baru asal vulkanik (65 dari mereka dihuni), dengan sekitar 800 mil (1.300 km) utara ke selatan antara jarak pulau-pulau terluar. Dua dari pulau-pulau (Matius dan Hunter) juga diklaim oleh departemen luar negeri Perancis Kaledonia Baru . Empat belas dari pulau Vanuatu memiliki area permukaan lebih dari 100 kilometer persegi (39 sq mil). Negara ini terletak di antara garis lintang 13 ° dan 21 ° S , dan bujur 166 ° dan 171 E.
Orang-orang Philipina
Vanuatu yang sering menyebut dirinya rumpun melanesia ternyata adalah keturunan dari nenek moyang Filipina dan Taiwan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah riset yang dilakukan oleh para ilmuwan di Australian National University of DNA beberapa pekan lalu. Riset tersebut dilakukan dengan mengambil sampel tiga kerangka purba  yang digali dari makam tertua Vanuatu dan mengungkapkan bahwa orang-orang Filipina dan Taiwan ini pertama kali tiba sekitar 3.000 tahun yang lalu di kepulauan Vanuatu.

Ilmuwan arkeologi dan antropologi Profesor Matthew Spriggs dari sekolah ANU mengatakan “keturunan orang Vanuatu pertama kali ini berasal dari Filipina dan Taiwan, ini terbukti dari riset yang kita lakukan dengan mengambil sampel tiga kerangka tua di Vanuatu dan terbukti bahwa kerangka tersebut sama persis dengan ras yang ada di Filipina dan Taiwan”.
“Ras mereka datang dan menetap di vanuatu kira-kira 3000 tahun dan mendapati vanuatu hanyalah pulau kosong tak berpenghuni. Lalu mereka menetap dan melakukan perkawinan silang dengan ras yang ada disekitar kepulauan Vanuatu seperti Papua New Guinea, Solomon dan ras yang ada di kepulauan kaledonia baru sehingga terciptalah sebuah penduduk seperti di Vanuatu saat ini”. Profesor Matthew menjelaskan.

Dalam penelitiannya Prosesor Mattehew tidak bergerak sendiri, ia juga menggandeng peneliti dari Harvard Medical School, University College Dublin, dan lembaga Max Planck untuk membantu meneliti Ilmu Sejarah Manusia dan analisis DNA.

Dr. Pontus Skoglund dari Harvard Medical School menjelaskan “Penelitian ini membuktikan perdebatan yang selama ini terjadi tentang asal usul ras yang ada di pasifik ini ternyata campuran dengan ras yang berada di Asia”

Dari hasil penelitian yang dituangkan dalam jurnal publikasi ilmiah Nature peneliti menawarkan sebuah istilah “Pasifika” untuk menyebut orang-orang yang tinggal di wilayah Pasifik. Hal ini dikarenakan menurut para ilmuwan istilah Melanesia & Polinesia sudah tidak relevan dikarenakan asal usul ras yang ada saat ini sudah tercampur dengan DNA ras asia.

Catatan Penulis :
Artikel di atas diambil dari Jurnal Publikasi ilmiah Nature kerja sama dengan Australian National University (ANU), Harvard Medical School, University College Dublin, dan lembaga Max Planck






10 komentar:

robertino mengatakan...

saya bersependapat karena Vanuatu bukanlah bangsa melanesia.

maulana mengatakan...

Negara Vanuatu berupaya ingin bergabung menjadi negara melanesia,,,, dengan menghalalkan segara cara, mungkin ini merupakan salah satu cara yang dilakukaknnya

marijde mengatakan...

sudah banyak yang mengetahui bahwa ini suuatu pengakuan palsu yang dilakukan oleh Vanuatu

jasmine mengatakan...

pengakuan palsu yang fenomenal

jeko parlente mengatakan...

Melanesia & Polinesia sudah tidak relevan dikarenakan asal usul ras yang ada saat ini sudah tercampur dengan DNA ras asia.

waliandri mengatakan...

Negara Vanuatu keturunan dari nenek moyang Filipina dan Taiwan itu benar.

melani mengatakan...

mohon maaf ini blog siapa ya????

herlambang mengatakan...

sama sekali tidak mirip dengan orang asli indonesia.

jonathan cristy mengatakan...

informasi yang bagus dan dapat dipercaya serta mudah untuk diterima oleh masyarakat.

matius mengatakan...

mirip dengan orang philipina